Profil Lulusan Akuntansi

PROFIL LULUSAN AKUNTANSI MENURUT PRAKTISI AGROINDUSTRI

Profil lulusan akuntansi seperti apakah yang dibutuhkan oleh perusahaan agroindustri?

Profil lulusan akuntansi – menjadi topik utama yang dibahas dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Analisis Outside-In and Inside-Out Linkage Kebutuhan Prodi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, dimana PT Mitratani Dua Tujuh bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Sebagai anak perusahaan dari PT Perkebunan Nusantara X yang bergerak di bidang agroindustri sayuran beku, PT Mitratani Dua Tujuh dipercaya untuk memberikan masukan dan saran kepada perguruan tinggi sebagai pihak praktisi pengguna lulusan akuntansi yang telah berpengalaman menggeluti bisnis edamame.

Kegiatan yang diadakan pada hari Minggu (15/10) bertempat di Java Lotus Hotel tersebut dihadiri secara langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember selaku pihak penyelenggara. Sedangkan dari pihak PT Mitratani Dua Tujuh diwakili oleh SEVP Business Support, Bapak Sihur Antoni.

Dalam kesempatan tersebut, selain memberikan materi tentang company profile dari PT Mitratani Dua Tujuh, Bapak Sihur Antoni juga menjelaskan tentang profil lulusan akuntansi yang dibutuhkan oleh dunia usaha terutama untuk Agroindustri dan industri Perikanan yang banyak terdapat di wilayah Jawa Timur khususnya daerah Tapal Kuda yang salah satunya Kabupaten Jember.

Beberapa skill yang dibutuhkan sebagai profil lulusan akuntansi yang berminat terjun di bidang agroindustri :

  1. Alur pencatatan dan pelaporan akuntansi
  2. Teori akuntansi biaya
  3. Perpajakan
  4. PSAK
  5. Pembuatan Studi Kelayakan Usaha (Feasibility Study)

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, Prof Dr. Isti Fadah, M.Si., CRA., CMA menyambut baik penyampaian materi oleh PT Mitratani Dua Tujuh yang bertindak menjadi narasumber. Beliau berharap semoga masukan dan saran yang diberikan oleh PT Mitratani Dua Tujuh dapat memberikan gambaran dan masukan terhadap tenaga pengajar dalam mempersiapkan hardskill dan softskill mahasiswa selama menjalani masa perkuliahan sebelum memasuki dunia pasca kampus.

“PT Mitratani Dua Tujuh menjadi salah satu mitra strategis kami karena memiliki visi dan misi yang sama untuk memajukan dunia agroindustri dengan mengangkat produk unggulan edamame sehingga harapannya masukan dan saran yang diberikan untuk kami telah sesuai dengan kebutuhan dunia industri nantinya” Ungkapnya.

Kegiatan kemudian berlanjut dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara narasumber bersama jajaran dosen penyusun kurikulum yang sangat antusias memberikan pertanyaan dan masukan, seperti kompetensi softskill yang dibutuhkan oleh perusahaan agroindustri dari lulusan perguruan tinggi dan peluang kerja sama di bidang agroindustri yang bisa dilakukan antara PT Mitratani Dua Tujuh dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *